Selasa, 24 Maret 2020

Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyusun Menu MPASI Bayi 6 Bulan


Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyusun Menu MPASI 6 Bulan - Memiliki seorang anak merupakan impian setiap pasangan yang telah menikah. Anak adalah rezeki titipan yang sangat berharga. Setelah memiliki seorang anak, ayah dan bunda harus menemani berbagai proses tumbuh kembang anak dengan telaten.
Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyusun Menu MPASI Bayi 6 Bulan

Setiap anak mengalami proses tumbuh kembang yang beragam. Setiap anak harus mendapatkan nutrisi yang tepat untuk mendukung proses tumbuh kembang anak. Saat anak lahir, nutrisi paling baik yang harus dikonsumsi oleh anak adalah ASI.
Konsumsi full ASI ini bisa dikonsumsi hingga anak berusia 6 bulan. Setelah 6 bulan, bunda sudah bisa mulai menyusun menu MPASI 6 bulan. Bahan makanan sehat mulai dari buah dan sayur bisa masuk ke dalam menu tersebut untuk dikonsumsi oleh bayi. Meski anak sudah mulai mengonsumsi MPASI, namun pemberian ASI harus tetap dilakukan hingga anak berusia 2 tahun.
Saat anak berusia 6 bulan, anak memang sudah bisa dikenalkan dengan makanan selain ASI karena kondisi tubuhnya sudah siap menerima nutrisi dari alam. Namun tentu ayah dan bunda harus pandai-pandai memilih makanan yang tepat bagi anak agar tubuh anak bisa mendapatkan nutrisi yang benar-benar tepat untuk membantu tumbuh kembangnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ayah dan bunda menyusun menu MPASI 6 bulan. Berikut ulasannya.

Memperhatikan Unsur Makanan
Hal pertama yang harus diperhatikan saat ayah dan bunda menyusun menu MPASI adalah unsur makanan itu sendiri. MPASI pada dasarnya bisa dibuat dengan menggunakan bahan makanan yang digunakan sehari-hari oleh ayah dan bunda. Namun bukan berarti setiap makanan yang bunda konsumsi juga bisa digunakan sebagai MPASI.
Pastikan bahan makanan yang bunda gunakan mengandung banyak zat besi seperti daging merah, kuning telur, makanan laut, dan sebagainya. Meski disarankan untuk menggunakan bahan yang mengandung zat besi, namun porsi yang diberikan tetap harus sesuai dengan porsi makan sang anak.
Saat menyusun menu MPASI 6 bulan, bunda juga harus memperhatikan tekstur makanan tersebut. Berikanlah makanan dengan tekstur yang lembut dan lunak agar sistem pencernaan bayi siap menerima asupan makanan. Bunda bisa memberikan MPASI berupa bubur dengan tekstur yang sama setiap kali makannya.

Proses dan Pemberian MPASI
Hal lainnya yang harus diperhatikan saat menyiapkan MPASI tentu tidak lain adalah proses pembuatannya terlebih dahulu. Pastikan Anda menyimpan bahan makanan bayi di tempat yang bersih serta menggunakan peralatan yang bersih saat mengolah makanan. Anda juga wajib mencuci tangan sebelum mengolah ataupun memberikan makanan pada bayi.
Saat menyiapkan menu MPASI 6 bulan, Anda juga harus memperhatikan porsi makanan yang Anda buat. Meski anak sudah bisa mencerna makanan selain ASI, namun bukan berarti Anda bisa memberikan anak porsi makan yang sama seperti anak yang berusia 2 tahun. Saat anak berusia 6 bulan, ASI masih menjadi asupan gizi utama sehingga Anda hanya boleh memberikan MPASI dalam porsi yang kecil seperti 2 – 3 sendok makan dewasa per harinya.
Itulah 2 hal dasar yang wajib bunda perhatikan selama mempersiapkan MPASI untuk sang anak. Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah bunda harus mengondisikan anak makan tanpa paksaan. Bunda harus ekstra sabar selama memberikan makanan pada anak agar anak bisa menyantap MPASI-nya dengan baik.

Agar bisa menyusun menu MPASI 6 bulan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak, bunda bisa mempelajarinya sejak jauh-jauh hari. Mempelajari ilmu-ilmu parenting tidak harus dilakukan saat Anda telah menjadi orang tua. Mempersiapkan diri sedini mungkin akan membantu Anda di masa yang akan datang.

Artikel Terkait

Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyusun Menu MPASI Bayi 6 Bulan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email