Minggu, 25 Agustus 2019

Bonds Linked Investment (BLI): Produk Investasi dengan Imbalan Lebih Baik oleh DBS

DBS-Treasure menawarkan beragam produk investasi obligasi menarik yang dapat Anda peroleh dengan menginvestasikan uang Anda dalam jangka waktu tertentu. Anda akan memperoleh keuntungan berlipat tanpa risiko kehilangan pokok investasi dengan membeli obligasi yang ditawarkan melalui produk Bonds Linked Investment (BLI).

Bank DBS menawarkan pengembalian dana dengan imbal menarik yang disesuaikan dengan pergerakan surat utang pemerintah Indonesia (obligasi) serta tingkat suku bunga dari bank Referensi. Anda bisa memperoleh manfaat ini dengan menempatkan uang Anda dalam bentuk valuta asing Dolar Amerika Serikat (USD) di Bonds Linked Investment (BLI).

Manfaat dan fitur apa sajakah yang ditawarkan oleh DBS melalui skema produk keuangan Bonds Linked Investment (BLI)? Simak ulasannya berikut ini.

investasi obligasi

Fitur yang Ditawarkan oleh Bonds Linked Investment (BLI) dari Bank DBS
Sifat Bonds Linked Investment (BLI) hampir menyerupai karakteristik yang ditawarkan oleh SBR atau Saving Bonds Ritel yang ditawarkan oleh pemerintah. SBR merupakan salah satu jenis surat utang negara (obligasi) yang diterbitkan ke masyarakat untuk membiayai anggaran negara setiap tahunnya.

Dengan menginvestasikan dana Anda di dalam Bonds Linked Investment (BLI), Anda akan memperoleh pengembalian hasil yang menarik melalui kupon yang diterbitkan setiap jangka waktu tertentu. Sama halnya seperti investasi obligasi, Anda akan mendapatkan keamanan pokok investasi yang disimpan hingga jatuh tempo. Anda juga akan memperoleh pengembalian hasil melalui kupon yang diberikan secara berkala.

Berikut adalah fitur yang diperoleh dengan melakukan investasi obligasi pada produk keuangan Bonds Linked Investment (BLI) by DBS, antara lain:

  • Sifat investasi obligasi yang Anda peroleh dengan membeli obligasi yang diterbitkan oleh Bonds Linked Investment (BLI) adalah pokok investasi yang terlindungi apabila Anda tidak mencairkan investasi hingga jatuh tempo.
  • Seperti halnya dengan SBR, Anda akan memperoleh kupon yang merupakan imbal hasil (bunga) yang akan diberikan kepada pemilik SBR. Bank DBS akan memberikan kupon secara berkala yang diberikan setiap tanggal-tanggal tertentu yang telah disepakati.
  • Jangka waktu penempatan selama satu sampai lima tahun
  • Investor berpeluang memperoleh imbal hasil lebih menarik karena kinerja produk Bonds Linked Investment (BLI) akan disesuaikan dengan pergerakan obligasi atau surat pernyataan hutang pemerintah serta tingkat suku bunga referensi.
  • Bank DBS menawarkan varian Fixed Rate Step Up yang merupakan imbal hasil menggunakan perhitungan tingkat suku bunga yang tetap. Suku bunga ini berpeluang mengalami peningkatan setiap tahunnya mengikuti suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Referensi. Meski begitu, Bank DBS tetap berhak untuk mengalihkan tingkat suku bunga menggunakan asas suku bunga mengambang (floating rate).

Dengan menempatkan dana investasi Anda menggunakan mata uang Dolar di Bonds Linked Investment (BLI) yang ditawarkan oleh DBS, Anda akan memperoleh lebih banyak keuntungan di masa depan. Investor memiliki peluang memperoleh imbal hasil yang lebih menarik ketimbang investasi obligasi biasa.

Syarat untuk dapat bergabung ke dalam produk BLI yang ditawarkan oleh DBS, Anda harus memiliki tabungan yang menggunakan mata uang Dolar US maupun Rupiah.

Artikel Terkait

Bonds Linked Investment (BLI): Produk Investasi dengan Imbalan Lebih Baik oleh DBS
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email