Selasa, 14 Mei 2019

Sebelum Service AC Mobil, Ketahui Masalah yang Sering Terjadi

Salah satu penunjang kenyaman ketika berkendara dengan mobil adalah AC mobil. Hanya saja, benda penting ini seringkali mengalami masalah dan ia tak berfungsi dengan normal. Sebelum Anda mendatangi bengkel AC mobil, ada baiknya Anda ketahui dulu beragam masalah yang bisa terjadi pada AC sehingga tak rugi ketika menyervisnya.

Sebelum Service AC Mobil, Ketahui Masalah yang Sering Terjadi

1. AC yang Kurang Dingin
Masalah pertama yang paling sering terjadi adalah AC yang kurang dingin padahal AC sudah dalam posisi full. Penyebab dari masalah yang satu ini biasanya ada pada sistem AC mobil dan bisa juga dari bagian cabin filter yang kotor. Selain itu, masalah ini juga bisa terjadi karena kepenuhan penumpang. Kalau sudah begini, wajar kalau AC mobil kurang dingin.

2. Mesin yang Mati-Mati saat AC Dihidupkan
Masalah lainnya adalah mesin mobil bisa mati tiba-tiba tatkala AC mobil dihidupkan. Salah satu penyebab dari masalah yang satu ini adalah beban mesin yang bertambah karena harus ikut memutar pulley kompresor ACA juga. Selain itu, masalah ini juga bisa terjadi karena sistem idle up AC yang sedang mengalami gangguan.

3. Lantai Menjadi Basah Beberapa Saat Setelah AC Dinyalakan
Wajar kalau udara menjadi lebih dingin dan lembap ketika AC dihidupkan. Namun, kalau lantai ikut menjadi basah, jelas ini masalah. Ketika AC hidup dan ada tetesan air di lantai mobil, itu bisa saja terjadi karena adanya kebocoran pada saluran pembuangan sehingga cairan tidak bisa dikeluarkan di luar mobil.

4. Embusan Udara yang Kurang Kencang
Service AC mobil juga bisa dilakukan ketika embusan udara AC terasa kurang kencang. Bila AC mobil Anda sudah dinyalakan dalam keadaan full dan embusan angin masih kurang kecang, biasanya masalahnya terletak pada filter AC yang kotor atau tersumbat serta motor blower yang lemah dan masalah resistor blower.

5. AC Tak Dingin Sama Sekali
Meski masalah yang satu ini mirip dengan masalah yang ada pada poin pertama, sebenarnya yang satu ini lebih parah. AC tak ada dingin-dinginnya sama sekali ketika dihidupkan. Hal ini bisa terjadi ketika terjadi kerusakan pada kompresor AC, tali kipas kendor, cairan freon yang habis dan bisa juga karena kebocoran sistem AC. Kalau begini, Anda wajib servis AC.

6. Suara Blower yang Berisik
Pada umumnya, blower pada AC mobil itu suaranya senyap. Namun, kalau AC bermasalah, seringkali blower ikut berisik. Ini bisa terjadi karena masalah pada motor blower dan bisa juga ada bagian sirip yang patah.

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada AC mobil. Jadi, sebelum berangkat ke bengkel AC mobil, Anda bisa tahu masalah apa yang terjadi pada mobil Anda tak takut lagi ditipu oleh oknum nakal di bengkel. Tapi, kalau Anda mau aman, servis saja di suvercar.id yang memiliki tim terbaik dan terpercaya untuk mengatasi masalah AC mobil Anda.

Artikel Terkait

Sebelum Service AC Mobil, Ketahui Masalah yang Sering Terjadi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email