Rabu, 24 April 2019

Jangan Sampai Tertipu, Begini Tips Membeli Perumahan Baru

Rumah memang menjadi kebutuhan pokok bagi keluarga di dalam setiap masyarakat. Di Indonesia sendiri, kurang lebih 13 juta rumah diperlukan untuk memenuhi kebutuhan penduduknya. Karena hal itulah, sekarang banyak sekali pengembang perumahan yang memanfaatkan kebutuhan ini sebagai sebuah bisnis properti.

Jangan Sampai Tertipu, Begini Tips Membeli Perumahan Baru

Nah, bila Anda juga salah satu orang yang sedang merencanakan untuk membeli perumahan baru, maka Anda wajib berhati-hati. Karena, tak sedikit pula oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang tipu-tipu.

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli perumahan. Tentunya, tips ini akan menghindarkan Anda dari penipuan. Mau tahu apa saja tips tersebut? Yuk, simak ulasan berikut sampai selesai!

Perhatikan Lokasi Perumahan
Hal pertama yang wajib Anda perhatikan dan pertimbangkan adalah lokasi calon tempat tinggal Anda tersebut. Ini berkaitan dengan kenyamanan Anda dan keluarga kelak, juga pada harganya. Lokasi perumahan yang strategis tentu harganya akan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Ada baiknya jika Anda booking saat ini juga jika Anda sudah mantap untuk menghindari adanya kenaikan harga tersebut.

Strategis tidaknya sebuah lokasi perumahan baru bisa dilihat dari berbagai faktor. Misalnya saja, apakah lokasinya terletak di pusat kota yang memudahkan akses ke mana saja. Dekat dengan jalan raya, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Lokasi strategis juga termaksud aman dari tindak kriminalitas dan tidak rawan bencana. Seperti tetap aman saat musim hujan dan tidak terjadi banjir.

Anda juga bisa menanyakan seputar tanah pembangunan perumahan tersebut pada penduduk sekitar. Bagaimana kondisi air bersihnya, seperti menggunakan PDAM atau sumur, atau adakah sumber air lain, dan sebagainya. Intinya, pastikan Anda mengetahui betul tentang lokasi ini, ya.

Pilihlah Pengembang yang Berkualitas
Hal kedua yang patut diperhatikan jika Anda ingin membeli perumahan baru adalah memilih developer atau pengembang yang memang berkualitas. Anda bisa mencari track record dari pengembang perumahan yang sedang Anda minati saat ini.

Jika memang track record-nya bagus, seperti sudah malang melintang di bidang properti dan perumahan misalnya, maka Anda tentu akan lebih lega dan mantap, bukan? Pastikan juga Anda tidak membeli perumahan yang masih dalam gambar saja.  Ada baiknya untuk memilih perumahan yang setidaknya sudah 50% jadi ataupun siap huni.

Hal ini penting, karena banyak kasus penipuan yang menimpa calon pembeli perumahan yang baru melihat gambarnya saja dan sudah melakukan booking. Tak jarang akhirnya uang booking tersebut dibawa kabur oleh pemborong namun pembangunan perumahan tak juga kunjung dibuat. Karena itulah, Anda harus benar-benar teliti dan cermat memilih pengembang perumahan, ya.

Jangan Terburu-buru Membayar DP
Jika Anda sudah merasa cocok dan deal dengan perumahan baru tersebut, kini saatnya membayar DP. Namun, jangan pula buru-buru membayarkan uang muka ini sebelum disetujui oleh pihak bank. Meskipun pihak bank tersebut sudah bekerja sama dengan pengembang, namun tidak ada jaminan bahwa KPR Anda akan diterima.

Banyak kasus yang terjadi karena hal ini. Sebelum disetujui bank dan sudah terlanjur membayar DP. Akibatnya, DP akan susah kembali jika ternyata KPR tersebut ditolak oleh bank yang bersangkutan. Akhirnya, biasanya pengembang akan memotong sekian persen dari DP yang sudah terlanjur masuk ini.

Tanyakan Proses Penyelesaian Sertifikat
Hal lain yang perlu Anda tanyakan sebelum membeli perumahan baru tersebut adalah yang satu ini. Biasanya, sertifikat dari rumah yang akan Anda beli masih atas nama pengembang. Nah, untuk itu tanyakan kapan Anda bisa balik nama sertifikat tersebut menjadi nama Anda.

Meski hal itu biasanya sudah tercantum dalam surat perjanjian jual beli, namun tidak ada salahnya jika Anda menanyakannya secara langsung. Ada beberapa hal yang bisa saja menjadi terhambat karena proses penyelesaian sertifikat yang berbelit-belit ini, lho! Jadi, Anda memang tidak perlu sungkan untuk menanyakannya secara langsung.

Artikel Terkait

Jangan Sampai Tertipu, Begini Tips Membeli Perumahan Baru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email