Senin, 09 Oktober 2017

Cara Cermat Memilih Kontrakan Murah untuk Pasangan Muda

Memiliki rumah pribadi sudah merupakan impian bagi seluruh pasangan rumah tangga. Namun faktanya, memiliki rumah pribadi tidaklah mudah, mengingat biaya yang diperlukan tidaklah sedikit. Anda harus menyiapkan budget yang cukup besar untuk bisa memiliki rumah impian Anda.

Alih-alih memiliki atau membeli rumah, saat ini sudah banyak orang yang menyediakan jasa sewa rumah untuk jangka waktu tertentu atau lebih kita kenal dengan rumah kontrak. Bahkan di beberapa tempat ada yang memiliki wilayah tersendiri untuk deretan rumah kontrak atau kompleks tempat berkumpulnya rumah kontrak. Penyediaan jasa sewa rumah ini sangat membantu dan menjadi alternatif banyak orang yang belum memiliki rumah pribadi.

Cara Cermat Memilih Kontrakan Murah untuk Pasangan Muda

Penyedia jasa sewa rumah pun menyediakan luas yang berbeda-beda dengan harga yang bervariasi tergantung kelengkapan fasilitas. Mulai dari harga kontrakan murah sampai yang paling mahal sekalipun. Karena hal ini, terkadang kita dibuat bingung memilih rumah kontrakan yang baik dan tepat. Walaupun rumah sewa, tetap saja Anda harus cermat dalam memilih rumah kontrak karena akan ditempati dalam jangka waktu yang cukup lama. Pastinya, sebagian menginginkan rumah kontrak dengan harga sewa yang cukup murah.

Agar tidak menyesal, berikut beberapa cara cermat untuk memilih kontrakan murah yang baik yang dirangkum dari Bisnis.com:

Cari Sewa Rumah yang Sesuai dengan Kemampuan
Alangkah lebih baik, jika Anda memilih atau mencari rumah kontrak dengan harga sewa yang terjangkau juga sesuai budget Anda. Lebih baik apabila tidak terlalu memaksakan untuk mendapatkan rumah kontrak yang luas, karena semakin luas dan besar maka akan semakin naik pula harganya. Jangan lupa, cobalah untuk lebih pandai bernegosiasi dengan penyewa rumah mengenai sistem pembayaran dan juga mungkin bisa membujuk pemilik untuk mengurangi harga.

Lakukan Survei Terlebih Dahulu ke Beberapa Tempat
Rupanya mencari rumah kontrakan pun membutuhkan perjuangan agar tidak menyesal nantinya. Anda perlu membandingkan harga antara satu rumah sewa dengan yang lainnya, apakah fasilitas sebanding dengan harga yang akan Anda bayar nantinya. Namun jangan berharap akan ada kontrakan murah atau sangat murah dengan fasilitas lengkap serta bagian rumah  cukup luas. Itu sangat jarang ada, bahkan hampir tidak ada.

Tidak hanya soal harga, Anda perlu memperhatikan kondisi rumah. Bagaimana kondisi kamar mandi, atau kamar tidur, atau mungkin apakah ada atap yang bocor atau tembok yang rapuh, serta yang paling utama adalah apakah listrik dan juga air mengalir dengan baik atau tidak.

Lokasi Tempat Rumah Kontrak
 Mencari lokasi yang tepat juga harus benar-benar diperhatikan. Tempat sewa rumah lebih baik yang dekat dengan tempat aktivitas rutin seluruh keluarga, dekat pula dengan tempat ibadah dan juga dekat dengan fasilitas umum.

Lingkungan yang Aman dan Nyaman
Lingkungan pun menjadi bagian penting untuk Anda saat hendak memilih rumah kontrakan. Pastikan bahwa sekitar rumah yang akan Anda sewa nantinya aman, ramah dan juga nyaman. Walaupun ingin mendapatkan kontrakan murah, sebisa mungkin Anda hindari lingkungan pergaulan yang tidak baik, rawan kejahatan ataupun tempat sangat dekat dengan sungai dan tempat sejenis pembuangan. Jika Anda memiliki anak kecil, usahakan jangan terlalu dekat dengan jalan besar untuk menjaga keamanan bermain anak.

Pilihlah dengan baik
Anda harus benar-benar selektif dalam menentukan tempat atau rumah sewa yang akan Anda tempati. Kendati harganya murah, namun setidaknya kondisi rumah haruslah dalam keadaan baik. Sehingga kita tidak akan kerepotan apabila berada dalam situasi tertentu misalnya saat hujan.

Mencari kontrakan murah tidak akan semudah yang dibayangkan. Karena setiap wilayah kota memiliki harga rata-rata yang berbeda. Setiap pemilik pun memiliki cara tersendiri dalam menerapkan tarif. Ada yang menggabungkan harga sewa rumah dengan listrik, namun adapula yang menghitung terpisah. Ataupun adapula yang membiarkan fasilitas listrik diurus sendiri oleh penyewa. Rata-rata sistem pembayaran biasanya ditetapkan per bulan. Namun jika Anda sanggup maka Anda bisa membayarnya per tahun.

Perlu diingat, semakin murah harganya maka semakin sempit pula fasilitasnya. Jika menginginkan rumah kontrakan murah yang demikian baik, mungkin akan sangat sulit dijumpai. Maka Anda yang harus lebih cermat lagi dalam memilih rumah sewa yang akan anda tinggali. Minimalis namun aman dan  nyaman dengan ventilasi baik serta fasilitas penting yang lancar nampaknya lebih baik dan pastinya bisa sesuai dengan budget Anda. Semuanya tetap saja tergantung pada rumah sewa seperti apa yang anda inginkan. Jika menginginkan rumah sewa dengan harga murah, maka Anda harus bersiap dengan kekurangannya.

Nah, semoga cara-cara diatas dapat membantu Anda dalam memilih rumah kontrakan murah yang baik. Jangan sampai Anda sembarangan memilih atau terlalu terburu-buru dalam menentukan rumah sewa yang akan Anda tinggali.

Artikel Terkait

Cara Cermat Memilih Kontrakan Murah untuk Pasangan Muda
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email