Selasa, 16 Oktober 2018

Bagaimana Perkembangan Motorik Anak Usia 3 Tahun?


Bagaimana Perkembangan Motorik Anak Usia 3 Tahun? Saat rentang perhatian usia 3 tahun anak Anda tumbuh dan keterampilan verbal semakin berkembang, mereka akan lebih mampu mengikuti instruksi dan mengekspresikan kebutuhan dan pikiran mereka sendiri.

Bagaimana Perkembangan Motorik Anak Usia 3 Tahun?


Transisi dari balita ke anak prasekolah, meskipun sering bisa sedikit bergelombang. Harapkan bagian yang adil dari kehancuran dan kemarahan. Tetapi ketahuilah bahwa mereka datang bersama dengan kekonyolan dan semangat kreatif yang akan membawa banyak kegembiraan juga. Ketahui perkembangan motorik anak usia 3 tahun yang dijelaskan dalam artikel ini.

Perkembangan Fisik
Tidak hanya anak usia 3 tahun yang tumbuh dalam tinggi dan berat badan, tetapi mereka juga menyempurnakan keterampilan motorik kasar dan halus. Seperti yang lainnya, penguasaan keterampilan ini akan bervariasi oleh anak dan berdasarkan kemampuan dan ukuran mereka.
Saat anak Anda yang berusia 3 tahun tumbuh, mereka belajar lebih banyak tentang tubuh mereka sendiri dan bagaimana mengendalikannya. Keseimbangan akan menjadi lebih baik dan, dengan latihan, anak Anda akan dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat mereka lakukan sebelumnya.

Bagaimana Perkembangan Motorik Anak Usia 3 Tahun?

Pencapaian Utama
Keterampilan motorik kasar: Kebanyakan anak usia 3 tahun mampu berjalan di garis, menyeimbangkan pada balok keseimbangan rendah, melompat atau berlari, dan berjalan mundur. Mereka biasanya bisa mengayuh sepeda roda tiga, menangkap bola besar, dan melompat dengan dua kaki.

Keterampilan motorik halus: Pada usia 3 tahun, anak-anak biasanya dapat mencuci dan mengeringkan tangan mereka, berpakaian sendiri dengan sedikit bantuan, dan membalik halaman dalam buku. Kebanyakan anak-anak prasekolah dapat memegang alat tulis dengan jari-jari mereka, bukan tinju mereka.

Tips Parenting
Semua yang berjalan, memanjat, melompat, dan bergerak non-stop dapat sulit untuk diimbangi. Mungkin tergoda untuk memberi tahu anak Anda yang berusia 3 tahun untuk "tetap diam", tetapi membiarkan anak-anak kebebasan untuk berlari, memanjat, dan melompat sangat penting. Anak-anak prasekolah perlu melatih keterampilan fisik mereka sehingga mereka dapat mengembangkan keseimbangan dan koordinasi yang lebih baik.

Pengembangan Emosional
Temper tantrum cenderung mencapai puncak di sekitar usia ini ketika anak Anda belajar untuk menghadapi situasi yang menekan. Jadi meskipun anak Anda yang berumur 3 tahun mungkin bersikeras untuk mandiri, mereka akan berjuang untuk menghadapi frustrasi ketika diberi kesempatan untuk mencoba sesuatu sendiri.

Beberapa anak berusia 3 tahun mengalami kesulitan untuk dipisahkan dari pengasuh mereka. Jadi anak Anda mungkin menangis ketika Anda melepaskannya di prasekolah atau mungkin mengungkapkan kesedihan tentang pergi ke tempat penitipan anak, bahkan jika mereka suka di sana.

Kiat Pengasuhan
Gunakan kata-kata perasaan dalam percakapan sehari-hari Anda dengan anak Anda, seperti sedih, gila, dan bahagia. Membangun kosakata emosional anak Anda membuatnya lebih mudah bagi anak Anda. Untuk belajar bagaimana menggunakan kata-kata mereka sendiri untuk mengekspresikan diri.

Perkembangan Kognitif
Perkembangan kognitif pada anak berusia 3 tahun bukan hanya tentang belajar alfabet atau cara berhitung. Ini menyelimuti seluruh proses belajar menyerap informasi, yang termasuk mengajukan pertanyaan, dan memproses serta memahami informasi.

Kebanyakan anak umur 3 tahun seperti bunga karang dan mereka menyerap segala sesuatu di sekitar mereka. Sebagai orang tua, bantu mereka tahu apa yang harus dilakukan dengan informasi itu. Karena mereka sekarang dapat duduk diam dan fokus untuk jangka waktu yang lebih lama.

Perlu diingat bahwa perkembangan motorik anak usia 3 tahun ini perlu di didik sebaik mungkin. Setiap anak adalah unik dan si kecil Anda mungkin tidak mencapai semua ini pada usia 3 tahun, atau mereka mungkin berkembang lebih cepat. Jika memiliki kekhawatiran tentang anak berbicaralah dengan dokter anak Anda atau guru prasekolah.

Artikel Terkait

Bagaimana Perkembangan Motorik Anak Usia 3 Tahun?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email