Jumat, 21 September 2018

4 Jenis Sol Sepatu Olahraga yang Digunakan sesuai Bidangnya


Baru saja melewati maraknya Asian Games dengan berbagai aktivitas olahraga. Ada banyak sekali bidang olahraga yang dilombakan sehingga ikut menarik semangat Anda untuk melakukan olahraga setiap hari. Setiap bidang olahraga memerlukan jenis sepatu yang berbeda-beda untuk itu penting bagi Anda mengetahui jenis sol sepatu olahraga sesuai dengan bidangnya.

4 Jenis Sol Sepatu Olahraga yang Digunakan sesuai Bidangnya


1.      Sepatu Basket
Olahraga basket merupakan cabang olahraga yang sangat disukai oleh anak remaja, bahkan di sekolah-sekolah sering mengadakan event ini. Sol sepatu basket yang digunakan adalah jenis zigzag. Jenis sol sepatu ini sangat membantu ketika sedang olahraga basket karena akan membuat Anda bergerak dan berhenti dengan cepat tanpa terpeleset.

Ketebalan sol sepatu beragam ada yang tipis dan tebal. Perbedaan ini harus Anda pahami dengan baik yaitu sol sepatu basket yang tipis digunakan untuk permainan basket di dalam ruangan. Hal ini karena di dalam ruangan risiko lapangan yang licin akan lebih minim.

Jenis sol sepatu basket berikutnya adalah memiliki bagian sol yang tebal yang digunakan untuk permainan basket di outdoor. Sepatu ini memiliki anti slip yang lebih tinggi untuk mencegah Anda dari risiko terpeleset karena di outdoor lapangan lebih licin. Anda dapat memilih jenis sepatu yang paling tepat digunakan saat berolahraga basket sebagai upaya safety pada diri.

2.      Sepatu Sepak Bola
Sepatu olahraga sepak bola memiliki bagian sol sepatu yang unik yang dilengkapi dengan studs atau pul. Bagian ini berbentuk seperti duri tumpul yang manfaatnya untuk menjaga keseimbangan saat bermain sepak bola. Bagian sol ini yang membuat sepatu bola ini dapat digunakan tanpa mempertimbangkan berat badan pemainnya.

Jika Anda melakukan olahraga sepak bola tanpa menggunakan sepatu dengan sol yang dilengkapi dengan studs akan berisiko mengalami cedera. Kaki Anda akan mudah terpeleset saat sedang berlari menggiring bola ke gawang.

Terlebih lagi lapangan sepak bola cenderung licin dengan adanya rumput dan juga tanah atau pun yang terbuat dari semen. Bagian studs dengan sol sepatu menyatu sehingga tidak mudah rusak dan terpisah. Studs atau pul pada sepatu terbuat dari bahan plastik, logam, dan karet yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

3.      Sepatu Lari
Sepatu olahraga lari memiliki bagian sol yang tipis dan lentur sehingga saat sedang berlari terhindar dari benturan dan lecet. Sol pada sepatu lari jauh lebih tebal dari pada sepatu olahraga jenis lainnya sehingga memberikan kenyamanan dan dapat menahan kaki saat berlari. Anda dapat memilih ketebalan bagian sol sepatu sesuai dengan teknik lari yang digunakan.

4.      Sepatu Tenis
Jenis olahraga berikutnya adalah tenis yang bagian sol sepatunya memiliki karakteristik khusus yaitu adanya bintik-bintik kecil. Bagian bawah sol sepatu ini akan melindungi Anda yang berolahraga tenis agar tidak mudah terpeleset. Jenis sol ini digunakan untuk lapangan tenis yang indoor.

Jika olahraga tenis dilakukan pada outdoor dengan lapangan yang terbuat dari tanah liat maka dapat menggunakan jenis sol sepatu herringbone. Jenis sol ini lebih dikenal dengan sol zigzag fungsinya juga sama untuk melindungi atlet agar tidak terpeleset.

Apapun jenis olahraga yang Anda lakukan sebagai rutinitas atau pun sebagai bagian dari pekerjaan harus memperhatikan jenis sepatunya. Tujuannya agar manfaat olahraga bisa Anda dapatkan dengan risiko cedera yang lebih rendah. Sepatu olahraga berkualitas bisa Anda dapatkan dengan mudah secara online. Caranya dengan mengunjungi website blibli.com.

Artikel Terkait

4 Jenis Sol Sepatu Olahraga yang Digunakan sesuai Bidangnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email