Jumat, 24 Agustus 2018

Tips Cerdas Membeli Properti untuk Investasi


Emas atau saham mungkin merupakan dua instrumen investasi yang terbilang mudah dan rendah resiko. Namun sudahkah Anda mencoba berinvestasi di bidang properti? Membeli properti ini bisa dilakukan dengan cara tunai atau kredit, dan sama halnya dengan instrumen investasi lainnya, membeli properti juga bisa memberikan resiko dan bahkan akan menjadi bumerang bagi Anda jika tidak cerdik membelinya. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin membeli properti :

Tips Cerdas Membeli Properti untuk Investasi

1.      Perhatikan Harga Properti

Harga properti bisa sangat beragam, dan sempatkan diri Anda untuk menggali informasi mengenai harga properti di pasaran. Sebagai pembeli, Anda berhak untuk melakukan negosiasi harga properti karena hal ini akan mempengaruhi keuntungan yang akan diperoleh di kemudian hari. Harga properti tentu akan bervariasi, misalnya jika Anda mencari gedung kantor dengan fasilitas full furnished dan sudah dilengkapi furniture kantor maka harganya akan berbeda dengan harga gedung kantor tanpa fasilitas furniture.

2.      Cek Reputasi Developer

Jangan sampai Anda mendapatkan pelayanan yang kurang baik dari pengembang. Cari tahu mengenai testimoni developer dari rekan Anda atau melalui informasi di internet, apakah sering terlambat ketika melakukan proses serah terima? Apakah developer cukup detail dalam menjelaskan properti yang ingin Anda beli?

3.      Cara Pembayaran

Membayar properti bisa menggunakan kredit atau secara tunai. Jika Anda tidak cukup modal untuk melunasi pembayaran secara cash, Anda bisa menggunakan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah dari berbagai perusahaan perbankan, salah satunya adalah KPR BRI. Dengan menggunakan fasilitas KPR, Anda bisa mewujudkan keinginan Anda untuk membangun, merenovasi hingga membeli hunian secara mudah dan kredit yang ringan.

4.      Kunjungi Pameran Properti

Dengan mendatangi pameran properti atau mengunjungi marketing galery, Anda akan lebih leluasa untuk mencari dan memilih rumah atau properti lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selagi berada di pameran properti, Anda juga bisa bertanya kepada konsultan properti mengenai informasi detil dari properti yang ingin Anda beli atau sewa.

Berkonsultasi dengan yang sudah berpengalaman atau bertanya  kepada perusahaan penyedia jasa konsultan di bidang properti mungkin bisa menjadi alternatif jika cara-cara diatas masih belum bisa meyakinkan Anda untuk membeli properti, baik itu rumah atau kantor.  Jika Anda ingin membeli properti berupa ruang kantor atau untuk keperluan sewa kantor murah, hal-hal diatas juga bisa diperhatikan untuk Anda yang ingin mencari office space di kawasan strategis bagi bisnis Anda.

Artikel Terkait

Tips Cerdas Membeli Properti untuk Investasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email