Senin, 06 Agustus 2018

Cara Menanggulangi Konflik dengan Rekan Kerja Sekantor

Konflik dengan rekan kerja sekantor kadang tak bisa dihindari sebab setiap hari kami berinteraksi dengan mereka. Pergaulan di kantor dengan atasan, bawahan, juga rekan-rekan kerja sejawat adalah hubungan yang sama intensnya dengan hubungan Kamu dengan keluarga. Sehingga ketika Kamu mengalami persoalan di tempat kerja, faktor tersebut bakal mempengaruhi kondisi emosional juga kemampuan kerja Kamu Untuk menanggulangi konflik seminimal mungkin di kantor, Kamu bisa mencoba kiat-kiat berikut yang dilansir.


Tetap tenang
Hal pertama yang wajib Kamu perbuat saat konflik dengan rekan kerja mulai memanas adalah dengan masih tenang serta mengendalikan amarah Anda. Tahanlah untuk tak mengucapkan kata-kata kasar, meskipun Kamu merasa yakin Kamu benar. Dengan masih menahan diri untuk masih tenang, ini menunjukkan bahwa Kamu menghormati diri sendiri, juga meminimalkan akibat yang lebih parah.

Jangan bergosip
Tahan lidah untuk tak menuturkan persoalan alias kekurang baikan-kekurang baikan rekan sejawat Kamu terhadap rekan yang lain. Bicarakan persoalan Kamu hanya dengan orang yang objektif serta bisa Kamu percayai. Ingatlah, tak semua orang bisa bersikap objektif. Bukan tak mungkin keluhan Kamu bakal disebarluaskan ke orang lain, lalu dibumbui dengan hal-hal dramatis yang justru bisa memenyesalkan Anda.

Dengarkan serta berkompromilah
Ketika konflik telah mulai mereda, datangilah rekan kerja yang berpersoalan dengan Anda. Diskusikan dengan pikiran terbuka, dengarkan penjelasannya, kemudian berkompromilah. Pendapat Kamu mungkin sangat tak sama dengannya, tetapi itu tak berarti bahwa Kamu tak bisa menemukan titik temu. Apabila isi kepala Kamu serta dirinya tak bisa disatukan, tetaplah bersikap tenang untuk menjaga supaya situasi tak terus memkurang baik.

Konsultasi dengan HRD
Apabila Kamu tak bisa menyelesaikan sendiri, mintalah bantuan divisi HRD untuk menanggulangi konflik Kamu dengan rekan kerja. Tetapi butuh diperhatikan, Kamu bisa meminta bantuan HRD apabila persoalan yang Kamu hadapi telah sangat gawat, mengganggu kinerja Kamu serta terkait dengan kemampuan perusahaan. Apabila hanya persoalan pribadi, tak butuh meminta bantuan pihak lain untuk menyelesaikannya.

Apabila semuanya gagal, abaikan
Apabila semua usaha untuk berdamai dengannya telah Kamu perbuat tapi tak ada hasilnya, maka faktor paling baik yang wajib Kamu perbuat adalah mengabaikannya. Fokuslah pada diri Kamu serta perbuat pekerjaan Kamu dengan sebaik-baiknya. Terbukti di dunia ini terkadang ada orang yang sebaiknya Kamu hindari. Pekerjaan di kantor pasti telah lumayan memusingkan, kenapa meningkatkan beban pikiran dengan memikirkan orang yang tak mau berdamai serta berkompromi dengan Anda?

Artikel Terkait

Cara Menanggulangi Konflik dengan Rekan Kerja Sekantor
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email